Meninjau Rumah Percontohan Anti Gempa yang Dibangun di Cianjur

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 00:12 WIB
Meninjau Rumah Percontohan Anti Gempa yang Dibangun di Cianjur.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)
Meninjau Rumah Percontohan Anti Gempa yang Dibangun di Cianjur.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)

CIANJURTODAY.COM, Cianjur - Pemerintah mulai membangun rumah percontohan anti gempa dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di beberapa wilayah di Cianjur. Salah satu rumah percontohan tersebut dibangun di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.

Salah satu rumah percontohan anti gempa yang dibangun di Desa Nagrak ialah milik Ketua RT 02/RW 10, Salih (56). Ia menjelaskan, rumahnya yang diisi oleh dua Kepala Keluarga roboh hingga rata dengan tanah akibat gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Senin (21/12/2022) lalu.

Beruntung, enam orang penghuni rumah yang terdiri atas Salih, istrinya, anak, menantu, dan cucunya selamat atas kejadian tersebut. Awalnya, sisa reruntuhan rumahnya digunakan sebagai posko pengungsian, namun pemerintah meminta dikosongkan untuk dibangun rumah percontohan.

“Katanya masa waktu pembangunannya itu sekitar 10 hari,” ucap dia kepada Cianjur Today, Jumat (2/12/2022).

Rumah percontohan anti gempa tersebut dibangun dengan tipe 36 yang memiliki dua kamar di dalamnya. Ia mengatakan, rumah tersebut tidak cukup untuk menampung ia dan keluarga anaknya, tetapi ia berharap pemerintah ikut membangun rumah untuk anaknya yang sudah berkeluarga.

Halaman:

Editor: Afsal Muhammad

Terkini

X