Gempa Susulan Mereda, BMKG Persilakan Warga Cianjur Masuk ke Rumah

- Senin, 28 November 2022 | 21:33 WIB
Potret warga terdampak gempa di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur yang mencoba mengambil barang berharga di rumah yang roboh.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)
Potret warga terdampak gempa di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur yang mencoba mengambil barang berharga di rumah yang roboh.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)

CIANJURTODAY.COM, Cianjur - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mempersilakan warga Cianjur yang terdampak gempa memasuki rumahnya masing-masing. Hal ini dikarenakan setelah tujuh hari berturut-turut, gempa susulan semakin jarang dan kekuatannya melemah.

Hal ini terungkap dalam Surat bernomor GF.00.00/032/KB/XI/2022 yang diterbitkan pada Senin (28/11/2022) dan ditandatangani langsung oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Surat tersebut ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur H Herman Suherman.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan BMKG selama 7 hari terakhir menunjukkan bahwa aktivitas gempa bumi susulan magnitudonya secara fluktuatif semakin mengecil dan frekuensi kejadiannya semakin jarang.

Selain itu, BMKG pun menjelaskan, Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur.

Tidak hanya itu, pihaknya pun menuliskan, Bagi warga yang kembali ke rumah dihimbau untuk menata perabotan rumahnya sedemikian rupa agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang oleh benda apapun.

Halaman:

Editor: Afsal Muhammad

Terkini

X