Bantuan Pascabencana Gempa Cianjur Wajib Disalurkan Cepat dan Tepat

- Senin, 28 November 2022 | 18:08 WIB
Kondisi salah satu rumah yang rusak berat akibat gempa bumi di Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)
Kondisi salah satu rumah yang rusak berat akibat gempa bumi di Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.(Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)

CIANJURTODAY.COM - Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) menyisakan banyak kerusakan dan memakan korban jiwa. Hal ini membuat aktivitas masyarakat di sejumlah kecamatan lumpuh sementara karena harus mengungsi akibat robohnya tempat tinggal mereka.

Berdasarkan data terbaru per Senin (28/11/2022) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), jumlah korban jiwa akibat gempa Cianjur ini ada di angka 321 orang. Setidaknya ada 56.311 rumah yang rusak. Sebanyak 22.267 rusak berat, 11.836 rusak sedang dan 22.208 rusak ringan.

Pemerintah yang sejak H+1 penanganan bencana menjanjikan bantuan perbaikan rumah akibat gempa memberikan harapan bagi warga Cianjur yang terdampak bencana. 62.545 orang yang mengungsi berharap bantuan tersebut bisa cepat disalurkan agar bisa segera kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Pada Senin ini pun, Bupati Cianjur H Herman Suherman telah melepas para relawan yang hendak melaksanakan pendataan rumah rusak Pascabencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Mereka terdiri atas jajaran BNPB, TNI, POLRI para relawan dan mahasiswa di Universitas Putra Indonesia Cianjur.

“Saya berpesan lakukan tugas pendataan ini senantiasa diniatkan sebagai ibadah agar menjadi amal sholeh,” kata Herman dikutip akun Instagramnya @h.hermansuherman, Senin (28/11/2022).

Halaman:

Editor: Afsal Muhammad

Terkini

X