Sesar Misterius Diduga Jadi Penyebab Dahsyatnya Gempa Cianjur

- Minggu, 27 November 2022 | 07:21 WIB

CIANJURTODAY.COM , CIANJUR - Ahli Geologi, Awang Harun Satyana menjelaskan, para ahli sebelumnya sempat menduga penyebab gempa di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) lalu karena aktivitas Sesar Cimandiri.

"Sesar ini secara umum merupakan jalur sesar mendatar yang bergerak geseran kiri atau sinistral. Begitu pun sifat sesar penyebab gempa Cianjur kemarin. Jadi, tidak heran (jika) para ahli menduga gempa kemarin berhubungan dengan Sesar Cimandiri," sebut Awang dilansir dari CNBC Indonesia, Sabtu (26/11/2022).

Sesar Cimandiri sendiri adalah jalur sesar besar yang memanjang hampir 100 km dan terbagi ke segmen-segmen sesar melintasi wilayah kabupaten-kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Bandung.

"Pusat gempa Cianjur kemarin berada di area lereng tenggara Gunung Gede dan dari peta geologi yang ada. Tidak ada sesar terpetakan, tetapi hanya endapan muda gunung api muda berupa lapukan lahar atau breksi volkanik, lava, dan tuf atau abu vulkanik," jelas Awang.

Lanjut Awang memaparkan, peta geologi yang dimaksud adalah peta geologi Lembar Cianjur yang selesai dipetakan pada 1972 oleh Geolog Utama dari Direktorat Geologi, Sudjatmiko.

Halaman:

Editor: cianjurtoday.com

Tags

Terkini

X