• Minggu, 5 Februari 2023

Empat Kecamatan di Cianjur Berada di Lintasan Sesar Cimandiri

- Senin, 19 April 2021 | 19:18 WIB
SESAR CIMARINDI: Kabupaten Cianjur ternyata menjadi daerah yang berada dalam lintasan Lempeng Sesar Cimandiri.(Foto: Istimewa)
SESAR CIMARINDI: Kabupaten Cianjur ternyata menjadi daerah yang berada dalam lintasan Lempeng Sesar Cimandiri.(Foto: Istimewa)

CIANJURTODAY.COM, Cianjur - Empat kecamatan di Kabupaten Cianjur ternyata menjadi daerah yang berada dalam lintasan Lempeng Sesar Cimandiri. Keempatnya yakni Kecamatan Campaka, Cibeber, Bojongpicung, dan Haurwangi.

Untuk diketahui, Lempeng Sesar Cimandiri merupakan sesar atau patahan geser aktif yang terletak di bagian barat dari provinsi Jawa Barat.

Sesar ini memanjang mulai dari muara Sungai Cimandiri di Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi, lalu mengarah ke timur laut melewati Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang.

Sesar ini mengalami pertemuan dengan Sesar Lembang di wilayah Padalarang dan Sesar Baribis di Subang. Sebagai sesar aktif, sesar Cimandiri bergerak dengan kecepatan gesera 4-6 mm per tahun.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengatakan, patahan Cimandiri ini bertemu degan patahan di Padalarang dan juga Sesar Lembang.

Halaman:

Editor: Afsal Muhammad

Terkini

Rangkuman Peristiwa Drama Keji : Wowon Serial Killer

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:03 WIB
X