• Minggu, 5 Februari 2023

Duh, Vaksinasi Covid-19 Baru Bisa Dilakukan Februari 2021 Mendatang

- Kamis, 10 Desember 2020 | 13:21 WIB

CIANJURTODAY.COM, Jakarta - PT Bio Farma (persero) memperkirakan program vaksinasi atau penyuntikan vaksin Covid-19 dari perusahaan asal China, Sinovac, baru bisa dilakukan pada Februari 2021.

Kendati demikian, vaksinasi hanya bisa dilakukan bila vaksin Sinovac itu telah mengantongi emergency use authorization (EUA) alias izin penggunan darurat dari otoritas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kalau perkiraan saya di Februari itu sudah bisa dilakukan, karena kemungkinan ini akhir Januari kita akan mendapatkan izin EUA-nya. Sehingga karena ini vaksin jadi, begitu mendapat izin BPOM, maka kita bisa langsung mengunakannya," kata Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan, Kamis (10/12/2020).

Iwan mengatakan Bio Farma serta BPOM saat ini tengah mendalami dan melakukan uji mutu dari mulai uji laboratorium, uji netralisasi, uji stabilitas, hingga uji sterilitas.

Tak hanya itu, Iwan mengaku pihaknya dan BPOM saat ini juga tengah melakukan uji efikasi. Meskipun vaksin sinovac sejauh ini diklaim belum memberikan efek samping buruk, namun efikasi atau kemanjuran hingga daya tahan terhadap antibodi masih dalam proses pengkajian.

Halaman:

Editor: Siska Dian Klaresia

Terkini

Rangkuman Peristiwa Drama Keji : Wowon Serial Killer

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:03 WIB
X