• Minggu, 5 Februari 2023

Pelajaran Sejarah Tidak Wajib di SMA, Ini Kata MKKS Cianjur

- Senin, 21 September 2020 | 13:00 WIB

CIANJURTODAY.COM, Cianjur - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana membuat pelajaran sejarah tidak wajib bagi siswa SMA sederajat. Hal ini pun menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan khususnya pelajar.

Kebijakan itu tercantum dalam rencana penyederhanaan kurikulum yang akan diterapkan Maret 2021. Di kelas 10, pelajaram sejarah disatukan dengan pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). Sementara kelas 11 dan 12, pelajaran sejarah masuk kelompok peminatan yang tak bersifat wajib.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Cianjur, Agam Supriyatna menjelaskan, jika dikaji secara keseluruhan, mata pelajaran di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Sehingga anak lebih berat akan beban proses KBM-nya. Sehingga perlu kiranya dilakukan penyederhanaan atau pengurangan beban belajarnya," tuturnya kepada Cianjur Today, Minggu (20/09/2020).

Selain itu, ia pun mengatakan, ketika ada kebijakan pengurangan beban belajar, secara tidak langsung pasti ada mata pelajaran yang tereduksi atau berkurang. Dari yang semula ada menjadi tidak ada.

Halaman:

Editor: Afsal Muhammad

Terkini

Rangkuman Peristiwa Drama Keji : Wowon Serial Killer

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:03 WIB
X