• Minggu, 5 Februari 2023

Selain Warungkondang, Chikungunya Juga Landa Cipanas

- Rabu, 19 Agustus 2020 | 10:28 WIB

CIANJURTODAY.COM, Cianjur - Kecamatan Warungkondang dan Cipanas menjadi dua daerah yang mengalami outbreak atau serangan penyakit Chikungunya. Terhitung ada 51 warga yang terkena Chikungunya di dua kecamatan itu.

Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan, penyakit chikungunya ini berasal dari nyamuk. Diakibatkan lingkungan yang kurang bersih dan tidak menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Di dua kecamatan itu PHBS tidak banyak diterapkan tapi di lingkungan yang lebih kecil. Mungkin di situ ada daerah biasanya menengah kebawah yang hanya memikirkan dirinya dan keluarganya. Bisa (menyerang dusun lain), jaraknya 100 meter," katanya kepada Cianjur Today, Selasa (18/08/2020).

Dirinya menyebut, orang yang terkena Chikungunya tidak perlu dirawat karena tidak mematikan. Saat ini ada 51 orang yang terkena penyakit itu.

"Kalau yang dirawat untuk Chikungunya tidak perlu dirawat, tidak mematikan, hanya membuat sakit. Cukup rawat jalan saja. Yang tekena 40 di Warungkondang, 11 di Cipanas," katanya.

Halaman:

Editor: Afsal Muhammad

Terkini

Rangkuman Peristiwa Drama Keji : Wowon Serial Killer

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:03 WIB
X