• Minggu, 5 Februari 2023

Peredaran Jamur Enoki dari Korea Selatan Ditarik di Pasaran

- Jumat, 26 Juni 2020 | 08:33 WIB

CIANJURTODAY.COM, Jakarta - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) telah menarik pemasaran Jamur Enoki di Indonesia. Hal ini dikarenakan Jamur yang diimpor dari Korea Selatan (Korsel) tersebut, ditemukan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes, dan dapat menyebabkan penyakit listeriosis.

Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit listeriosis, dan beresiko sakit hingga meninggal dunia. Orang pada golongan rentan, balita, ibu hamil, dan manula, sangat beresiko terjangkit penyakit ini.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi, mengatakan kebijakan penarikan dan pemusnahan ini, dilakukan berdasarkan peringatan dari International Food Safety Authority Network (Infosan). Diketahui Bulan Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia yakni akibat dari mengkonsumsi jamur enoki asal Korsel yang tercemar bakteri listeria monocytogenes.

Segera setelah mendapat kabar tersebut, BKP melakukan investigasi dan menemukan importir di Indonesia yang memasok jamur enoki asal Korsel. Dinotifikasi oleh Infosan telah memiliki nomor pendaftaran PSAT dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP).

Setelah melakukan beberapa langkah dan uji sampel di laboratorium PT. Saraswanti Indo Genetech, hasil pengujian tersebut menunjukan 5 lot tidak memenuhi persyaratan. Hal itu karena terdeteksi mengandung bakteri Listeria monocytogenes yang melewati ambang batas.

Halaman:

Editor: Elga Nurani

Terkini

Rangkuman Peristiwa Drama Keji : Wowon Serial Killer

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:03 WIB
X