Ramadan Makin Berkah! 21,6 Juta Warga Siap Terima Bantuan Sosial Pangan, Cek di Sini Apakah Anda Termasuk?

- Rabu, 15 Maret 2023 | 06:53 WIB
Ramadan Makin Berkah! 21,6 Juta Warga Siap Terima Bantuan Sosial Pangan, Cek di Sini Apakah Anda Termasuk? (Cianjur Today/canva.com)
Ramadan Makin Berkah! 21,6 Juta Warga Siap Terima Bantuan Sosial Pangan, Cek di Sini Apakah Anda Termasuk? (Cianjur Today/canva.com)

CIANJURTODAY.COM -- Di ambang kegembiraan menyambut bulan suci Ramadan, pemerintah segera mengucurkan bantuan sosial pangan selama tiga bulan, yakni Maret, April, dan Mei 2023. Bantuan pangan berupa beras, telur, dan ayam ini diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah memenuhi syarat. Dalam hal ini, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahri, memberikan dukungan penuh.

Ashabul Kahri menilai bantuan sosial jelang Ramadan ini sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu.

Ia pun mengapresiasi bantuan yang akan disalurkan tersebut. Namun, kapan tepatnya penyaluran dilakukan dan bagaimana cara memeriksa penerima bantuan?

Baca Juga: Tanggal Berapa Bansos BBM Rp600 Ribu September 2022 Cair? Cek Jadwal Pencairan Bansos BLT BBM

Penjelasan Penyaluran Bantuan dari Kementerian Keuangan

Mengenai penyaluran bantuan sosial pangan ini, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, menjelaskan bahwa bantuan diperkirakan dapat segera disalurkan pada Maret 2023. Hal ini dikarenakan beras yang akan dibagikan telah tersedia di Perum Bulog, sehingga stok bantuan pangan siap untuk didistribusikan.

Sementara itu, daftar penerima bantuan sosial pangan ini berada di bawah kendali Kementerian Sosial. Kementerian Sosial dan Kementerian Keuangan masih terus berdiskusi mengenai mekanisme penyaluran bantuan jelang Ramadan ini.

Menurut sumber yang Cianjur Today himpun, jika mengacu pada data bansos tahun lalu, jumlah penerimanya mencapai 20,65 juta. Namun, data tersebut tengah diperbarui, sehingga Kementerian Keuangan akan mengonfirmasi jumlah penerima bantuan terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Cepat Mendapatkan Bansos Rp600 Ribu dari Dampak Naiknya BBM, Mudah dan Dijamin Lolos?

Perkiraan Penerima Bantuan Sosial Pangan

Diperkirakan, bantuan sosial pangan ini akan menjangkau sekitar 21,6 juta warga yang termasuk dalam kategori kurang mampu. Penerima bantuan akan diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau DTKS terbaru. Hal ini mencakup 10 juta penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan 8,5 juta penerima Bantuan Pangan NonTunai (BPNT). Sisanya berasal dari masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdaftar dalam DTKS.

Cara Mengecek Penerima Bantuan Sosial Pangan

Untuk mengetahui secara pasti penerima bantuan sosial pangan yang terdaftar di DTKS, masyarakat dapat mengakses laman resmi Kementerian Sosial melalui cek.bansos.go.id. Melalui situs tersebut, penerima dapat memastikan apakah mereka termasuk dalam daftar penerima bantuan jelang Ramadan ini.

Sebagai rangkuman, pemerintah telah menyiapkan bantuan sosial pangan jelang Ramadan untuk tiga bulan ke depan, yang mencakup Maret, April, dan Mei 2023. Bantuan ini ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memenuhi syarat. Penyaluran bantuan ini diharapkan dapat segera dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Untuk mengecek daftar penerima, masyarakat dapat mengunjungi laman resmi Kementerian Sosial di cek.bansos.go.id.***

Editor: Indra Arfiandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bidan di Cianjur Diduga Buang Limbah B3 Sembarangan

Selasa, 3 Oktober 2023 | 13:33 WIB

DPRD Soroti Masih Rendahnya Capaian Retribusi di Cianjur

Sabtu, 30 September 2023 | 22:23 WIB
X