• Minggu, 24 September 2023

20 Maret adalah Hari Dongeng Sedunia, Ini Sejarah dan Penjelasannya

- Jumat, 19 Maret 2021 | 21:38 WIB
Ilustrasi Hari Dongeng Sedunia. Foto: IST
Ilustrasi Hari Dongeng Sedunia. Foto: IST

CIANJURTODAY.COM - 20 Maret adalah Hari Dongeng Sedunia, ini sejarah dan penjelasannya. Dongeng merupakan cerita khayalan atau fiksi yang biasanya mempunyai sifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan.

Sejarah Hari Dongeng Sedunia

Peringatan Hari Dongeng Sedunia atau World Storytelling Day diperingati setiap 20 Maret. Berawal dari peringatan Hari Mendongeng Nasional di Negara Swedia pada tahun 1991.

Hari itu disebut "Alla ber├Ąttares dag" yang diterjemahkan menjadi Hari Semua Pendongeng. Pada tahun 1997, pendongeng di Australia mengoordinasikan perayaan cerita atau dongeng selama lima minggu. Hari itu dikenal sebagai Hari Narator Lisan Internasional (International Day of Oral Narrators).

Pada tahun yang sama, Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya juga turut merayakan Hari Pendongeng Nasional mereka sendiri.

Pada tahun 2002, orang Skandinavia membuat jaringan web penceritaan mereka sendiri yang disebut Ratatosk. Jaringan baru membantu hari nasional untuk mendongeng menyebar dari Swedia ke Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Estonia.

Pada tahun 2003, ide tersebut terus menyebar ke negara lain termasuk Kanada. Peristiwa itu dikenal sebagai Hari Mendongeng Sedunia. Saat ini, peristiwa mendongeng terjadi di setiap benua kecuali Antartika, demikian dikutip National Day Calender.

Mengapa ada Hari Dongeng pada 28 November?

Pada 28 November adalah Hari Dongeng Nasional di Indonesia. Peringatan Hari Dongeng Nasional dilakukan sejak tahun 2015. Peringatan ini dideklarasikan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Halaman:

Editor: Hasna Nabila

Terkini

5 Rekomendasi Toko Bunga di Cianjur Berikut Alamatnya

Kamis, 7 September 2023 | 15:11 WIB
X